Sabtu, 12 November 2011

Jam Kosong

Tiba-tiba inget kejadian kemaren-kemaren, aku lupa kapan, pokoknya masih minggu ini.

Hal yang sangat langka terjadi : kelasku kosong 5 jam pelajaran!! Dari 7 jam pelajaran biasa, cuma 2 yang gurunya masuk... sisanya nggak ada guru gara-gara ndampingin retret. Waktu praktikum (2 jam) juga gurunya nggak ada, jadi kalo ditotal ada 7 jam pelajaran yang kosong! wkwk.. SURGA BANGETT!

Beberapa jam ada guru yang jaga sihh, tapi sebagian lain nggak ada atau gurunya cuma jaga bentar. Nih, ya.. kebiasaan yang dilakukin kelasku kalo jam pelajaran kosong :
~ Pindah tempat duduk. Itu PASTI. Biarpun ada guru yang jaga, sekali lagi, ini PASTI. Begitu tau jam ini kosong, pasti otomatis langsung pindah. Biasa lah... kalo nggak nggrombol ya sama temen deket. ini PASTI.
~ Main tebak-gaya. Kalo yang ini khusus kalo nggak ada guru jaga. Jadi ada temenku yang maju ke depan kelas, biasanya sih cowok-cowok nggak tau malu yang itu-itu aja. Terus mereka bergaya gitu, nahh temen-temen yang lain (termasuk aku) nebak gaya apaan itu. Pastinya gayanya aneh-aneh. Kadang sampe kata-katanya panjaaaaang banget. Kadang, meragain guru-guru yang punya gaya khas juga.
~ Main-entahlah. Ini juga kalo nggak ada guru yang jaga, dan khusus cowok-cowok. Murid kelasku kan dikit doang, jadi banyak tempat kosong/sisa di belakang kelas. Nah, tempat itu dimanfaatin sama ni cowok-cowok buat mainan. Mereka tuh ya nggak pernah kehabisan ide nemuin mainan. Paling sering sih main sepak-entahlah. Kayak sepak bola gitu, tapi pakenya kalo nggak kertas, ya pake kok (itu lho yang buat badminton, nggak tau tuh dapet dari mana). Kalo ada tugas yang dikumpulin, waktu jam itu hampir selesai, mereka bakal berhenti main n nyontek semua kerjaan (pokoknya siapapun yang ngerjain)

Nah... di beberapa jam kosong hari itu, kelasku ngelakuin kebiasaan kayak biasanya. Tapiiii... ada  jam pelajaran yang tugasnya bikin galau banget, yaitu pelajaran Agama : ngerjain 100 soal uraian! Bayangin! Dalam waktu 80 menit (2 jam pelajaran). Untung, ada beberapa soal yang udah dikerjain karena dulu pernah buat tugas. Tapi tetep aja banyak banget. Udah gitu, DIKUMPULIN pula! Nggak sempet main-main kayak biasa deh. Tapi pindah tempat duduk, PASTI.
Nah... kelasku tuh paling nggak bisa yang namanya "tenang". Bosen banget kalo cuma ngerjain soaaaaal terus. Pencerahan pun datang...
Temenku ada yang jualan. Ibunya punya warung di kantin SD sebelah, tiap istirahat dia ngambil jajanan dari warung ibunya n njual itu ke kelasku. Jadi kelasku nggak perlu repot-repot turun ke kantin sekolah, kalo mau. Cuma beberapa makanan aja sih, kayak nasi goreng, makaroni goreng, nugget, sosis, roti bakar, n biting (namanya gitu pokoknya!). KEBETULAN BANGET, waktu jam ini dia lagi bawa makaroni n biting. Makanan ringan gitu. 
Pasti tau dong ujung-ujungnya?? Jeng-jeng : Makan! 
Iyaaa... jadi kami beli ke dia makaroni n biting-biting itu, yang harganya seribuan. Tangan kanan ngerjain soal, tangan kiri ngambil makanan n masukin ke mulut. Sumpah asyik banget. Si temenku jualannya sampe HABIS!
Yayaya, tentu aja ini ngelanggar peraturan. Tapi tau kan anak SMP,.. aturan apa sih yang diturutin??

Terus, jam pelajaran selanjutnya, sekali lagi bikin galau : ekonomi = 50 soal dalam 40 menit. Aku lupa sih dikumpulin apa nggak. Untuuuung aja pilihan ganda. Nah, di kelasku segalanya bisa jadi mungkin. Banyak yang bikin kelompok-kelompok gitu, terus bagi-bagi tugas. Kalo aku, sama tiga temenku. Jadi 50 soal dibagi empat. Ada dua temenku yang ngerjain 15 soal n dua lagi (termasuk aku) ngerjain 10 soal. wkwk... aku enak banget ya? Udah gitu soal bagianku gampang-gampang! (y)
Teriakan jawaban menggema di mana-mana : "NOMER SEPULUH A!!!", "NOMOR DUA LIMA B TO?!", "HEH NOMER TIGA LAPAN APA???"............
Jadilah, sebelum 40 menit, semua soal udah selesai! wkwk..

hari itu bener-bener SURGA. Sepanjang hari aku ketawa terussss.. >,<

Tidak ada komentar:

Posting Komentar